Friday, July 5, 2019

rangkuman materi lapisan tanah

Lapisan tanah
  • tanah berasal dari batuan yang telah lapuk. Tanah merupakan sumber penghidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.
  • tanah terdiri dari beberapa lapisan. bagian bagian tanah pada setiap lapisan berbeda beda. perbedaan itu disebabkan karena bahan bahan yang terkandung didalam tanah itu tidak sama. lapisan lapisan tanah antara lain sebagai berikut:
  1. Tanah lapisan atas
Lapisan tanah atah berwarna kehitam hitaman. Kapisan tanah atas gembur dan subur. Tanah ini subur karena banyak mengandung humus dan berbagai jasad hidup. Tanah ini sangat cocok untuk kehidupan tumbuh tumbuhan.
  1. Tanah lapisan bawah
Warna tanah lapisan bawah lebih muda dari pada warna tanah lapisan atas. Tanah ini kurang subur karena mengandung humus dan jasad hidup.
3.      Lapisan bawah induk tanah
Bahan induk tanah berwrna kemerah merahan. Tanah lapisan atas dan tanah lapisan bawah berasal dari bahan induk tanah.
4.      Lapisan batuan induk
Batuan induk itu pejal dan merupakan lapisan yang paling bawah.

·      Tanah tidak hanya terdiri atas satu lapisan saja. Susunan lapisan tanah terdiri atas : humus, lempung, geluh, pasir, dan krikil
·      Tanah yang subur adalah tanah yang mengandung humus dan perbandingan bagian pasir, geluh, dan lempungnya hampir sama.
·      Peristiwa penyuburan tanah sangat bergantung pada makhluk hidup yang ada didalam tanah. Hewan yang sangat berguna adalah cacing, mikroba, dan binatang binatang kecil lainnya. Mereka membentuk serta mengatur air dan udara dalam tanah. Hewan hewan tadi mengubah sisa sisa daun, ranting, batang, akar, dan sisa binatang yang telah busuk menjadi humus. Mereka bernapas, mencari makan kesana kemari sehingga menjadi tanah subur.
·      Tumbuhan dapat tegak berdiri karena kokohnya perakaran didalam tanah. Di dalam tanah, akar akar tumbuhan menyerah zat zat hara.
·      Agar tanah tetap subur, perlu dilakukan usaha penyuburan tanah. Penyuburan tanah dapat dilakukan dengan pemberian pupuk.
Kita kenal jenis jenis pupuk sebagai berikut :
a.    Pupuk kandang, yaitu pupuk yang berasal dari kotoran hewan, misalnya kotoran kambing, kerbau, sapi, dan sebagainya.
b.    Pupuk hijau, yaitu pupuk yang berasal dari sisa sisa tumbuhan hijau, misalnya ranting dan batang.
c.    Pupuk kompos, yaitu pupuk yang berasal dari sampah dan daun daunan yang membusuk dalam tanah.
d.   Pupuk buatan, yaitu pupuk yang dibuat oleh pabrik pabrik pupuk, misalnya urea, NPK, TSP, ZA, dan sebagainya.
<!-- Start of KOMISI GRATIS Script -->
<script type="text/javascript" src="https://komisigratis.com/ads.php?pub=67851"></script>

<!-- End of KOMISI GRATIS Script -->

·      Pengikisan tanah oleh air disebut erosi. Erosi akan menghanyutkan humus sehingga tanah menjadi gersang dan tandus. Untuk menghindari erosi dapat dilakukan dengan cara memperbanyak jumlah dan jenis tanaman. Akar tanaman akar menyerap air kedalam tanah dan daun daunnya dapat mengurangi jatuhnya air hujan ke tanah.
·      Macam macam erosi :
a.    Erosi deflasi yaitu erosi yang ditimbulkan oleh angin. Erosi ini terjadi didaerah gurun pasir yang luas, misalnya di Saudi Arabia atau di Gurun Sahara (Afrika)
b.    Erosi marine (Abrasi), yaitu erosi yang disebabkan oleh pukulan pukulan gelombang air laut.. abrasi dapat mengakibatkan jebolnya tebing tebing pantai.
·      Upaya menjaga kelestarian serta kesuburan tanah dan mengurangi pengikisan tanah oleh air, dapat dilakukan dengan cara :
a.    Terasering/sengkedan; yaitu tanah yang miring pada lereng gunung dan dibuat berjenjang.
b.    Reboisasi; yaitu penghijauan dan penanaman kembali tanah tanah bekas hutan yang gundul.
c.    Pemupukan; yaitu untuk mengganti zat zat makanan tumbuhan yang makin berkurang karena telah dipergunakan oleh tumbuhan atau dihanyutkan oleh air.
d.   Pergiliran tanaman; agar kebutuhan zat zat di dalam tanah dapat terpenuhi.
e.    Melarang penebangan liar; dengan cara mengeluarkan UU tentang lingkungan hidup dan disertai dengan sangsi yang tegas


c.        

No comments:

Post a Comment

bidang bidang manajemen

Bidang - Bidang Manajemen 1.Manajemen Produksi Manajemen produksi adalah suatu kegiatan yang dilakukam untuk mengatir pemamfaatan atau...