Friday, July 5, 2019

Pengertian manajemen


A.  PENGERTIAN MANAJEMEN
MANAJEMEN berasal dari bahasa prancis kuno yakini management yang berarti seni melaksanakan dan mengatur menurut G.R Terry,seperti dikutip oleh Hasanudin (2004) menyatakan bahwa MANAJEMEN adalah proses tertentu yang terdiri atas kegiatan merencanakan,mengorganisasikan,menggerakan sumberdaya manusia dan sumber daya lain untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan.
Adapun marty parker seperti dikutip oleh Hasanudin (2004) menganggap MANAJEMEN merupakan suhu seni ,sementara S.P Hasibuan (2008) mengucapkan bahwa MANAJEMEN adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumber sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan .
Berdasarkan PENGERTIAN MANAJEMEN tersebut dapat di simpulkan bahwa MANAJEMEN dapat di pandang sebagai seni maupun ilmu dalam mengatur segala sumberdaya (manusia,alam,modal dan sebagainya) untuk mencapai tujuan tertentu secara efektif dan efisien.adapun manajer adalah seseorang yang karena pengalaman ,pengetahuan,dan ketrampilannya di percaya oleh suatu organisasi untuk memimpin,mengatur,mengelola dan mengendalikan dan mengembangkan kegiatan organisasi dalam mencapai tujuan. Namun demikian pada dasar nya setiap manusia selalu melakukan manejemen bagi dirinya sendiri ataupun keluarganya untuk memenuhi kebutuhan keluarga serta merealisasikan tujuan tujuan yang di inginkan (self management).
Berdasarkan ruang lingkup manajer dapat di bagi menjadi dua,yaitu sebagai berikut
1.    Manajer umum ,yaitu manajer yang mengawasi ,mengatur, dan bertangung jawab atas satuan kerja keseluruhan atau yang mencakup semua maupun beberapa kegiatan kegiatan fungsional suatu kerja.
2.    Manajer fungsional,yaitu manajer yang mempunyai tanggung jawab hanya atas suatu kegiatan organisasi atau perusahaan ,seperti produksi,pemasaran, keuangan, kepegawaian, dan akuntansi.


No comments:

Post a Comment

bidang bidang manajemen

Bidang - Bidang Manajemen 1.Manajemen Produksi Manajemen produksi adalah suatu kegiatan yang dilakukam untuk mengatir pemamfaatan atau...