A. PENGERTIAN MANAJEMEN
MANAJEMEN
berasal dari bahasa prancis kuno yakini management
yang berarti seni melaksanakan dan mengatur menurut G.R Terry,seperti
dikutip oleh Hasanudin (2004) menyatakan bahwa MANAJEMEN adalah proses tertentu
yang terdiri atas kegiatan merencanakan,mengorganisasikan,menggerakan
sumberdaya manusia dan sumber daya lain untuk mencapai tujuan yang telah di
tetapkan.
Adapun
marty parker seperti dikutip oleh Hasanudin (2004) menganggap MANAJEMEN
merupakan suhu seni ,sementara S.P Hasibuan (2008) mengucapkan bahwa MANAJEMEN
adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumber
sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan .
Berdasarkan
PENGERTIAN MANAJEMEN tersebut dapat di simpulkan bahwa MANAJEMEN dapat di
pandang sebagai seni maupun ilmu dalam mengatur segala sumberdaya
(manusia,alam,modal dan sebagainya) untuk mencapai tujuan tertentu secara
efektif dan efisien.adapun manajer adalah seseorang yang karena pengalaman
,pengetahuan,dan ketrampilannya di percaya oleh suatu organisasi untuk
memimpin,mengatur,mengelola dan mengendalikan dan mengembangkan kegiatan
organisasi dalam mencapai tujuan. Namun demikian pada dasar nya setiap manusia
selalu melakukan manejemen bagi dirinya sendiri ataupun keluarganya untuk
memenuhi kebutuhan keluarga serta merealisasikan tujuan tujuan yang di inginkan
(self management).
Berdasarkan
ruang lingkup manajer dapat di bagi menjadi dua,yaitu sebagai berikut
1. Manajer
umum ,yaitu manajer yang mengawasi ,mengatur, dan bertangung jawab atas satuan
kerja keseluruhan atau yang mencakup semua maupun beberapa kegiatan kegiatan
fungsional suatu kerja.
2. Manajer
fungsional,yaitu manajer yang mempunyai tanggung jawab hanya atas suatu
kegiatan organisasi atau perusahaan ,seperti produksi,pemasaran, keuangan,
kepegawaian, dan akuntansi.
No comments:
Post a Comment