Bidang - Bidang Manajemen
1.Manajemen
Produksi
Manajemen produksi adalah
suatu kegiatan yang dilakukam untuk mengatir pemamfaatan atau pengkombinasian
faktor faktor produksi agarenjadi barang yang bernilai guna. Dengan kata lain,
mamajemen produksi adalah pengaturan kegiatan produksi agar berjalan secara
efektif dan efisien sesuai dengan tujuan yang sudah direncanakan.
2.Manajemen Pemasaran
Pemasaran menurut Philip
Kotler adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan
keinginan melalui proses pertukaran. Secara sederhana pemasaran juga daat
diartikan sebagai kegiatan menyampaikan produk dari produsen kepada konsumen.
Adapun manajemen pemasaran
adalah kegiatan pengaturan proses penyamaian produk dari produsen kepada
konsumen agar berjalan secara efektif dan efisien. Sementara Philip Kotler
berpendapat bahwa manajemen marketing merupakan analisis, perencanaan,
pelaksana dan pengawas program program yang dirancang untuk menciptakan,
membuat, dan menangani pertukaran yang menguntungkan dengan para pembeli
sasaran dengam maksud agar meraih tujuan perusahaan, seperti keuntungan, laju
pemjualan, dan bagian pasar.
Proses manajemen pemasaran
menurut Philip Kotler terdiri atas kegiatan kegiatan menganalisis kesempatan
pasar, memilih pasar sasaran, mengembangkan bauran pemasaran (marketing mix
yang terdiri atas unsur 4p, yaitu product, price, place, promotion) dan mengelola
usaha pemasaran.
3.Manajemen Keuangan
Manajemen keuangan adalah kegiatan
pengaturan dalam usaha pemcarian dan pemanfaatan dana agar berjalan secara
efektif dan efisien. Terdapat dua
kegiatam utama yang merupakan fungsi manajemen keuangan, yaitu fungsi mendapat
dana, yaitu bagimana cara memperoleh dana / modal yang paling tepat dan
menguntungkan, dan fungsi menggunakan dana, yaitu bagaimana cara menggunakan
dana yang ada secaran efektif dan efisien.
4.Manajemen Personalia
Menurut S.P. Hasibuan (2008)
manajemen personalia adalah ilmu dan seni
mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien
membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat.
No comments:
Post a Comment